-->

Tujuan Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia (Tempat/Daerah Tujuannya)

Tujuan Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia

Tujuan Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia

Dengan tujuan dan tekad yang kuat akhirnya rombongan penjelajah Eropa yaitu Portugis akhirnya bisa berhasil memasuki wilayah Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1511 M yang dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque. , Portugis telah menjelajahi lautan dan memiliki armada angkatan laut yang kuat. Ketika mengetahui bahwa di Asia Timur Jauh terdapat negeri yang kaya akan rempah-rempah, Raja Manuel I memanggil Vasco da Gama, seorang pelaut Portugis yang berpengalaman untuk memulai ekspedisi menjelajahi lautan. Tujuan utama ekspedisi Portugis adalah untuk meneliti rempah-rempah yang menjadi komoditas mahal di Eropa, negara-negara Barat menggunakan rempah-rempah sebagai bahan baku obat-obatan, parfum dan terutama untuk pengawet makanan dan bumbu masak. Penyimpanan makanan merupakan kebutuhan vital di Eropa ketika musim dingin tiba.

Tujuan Bangsa Portugis Datang ke Indonesia

Ekspedisi yang dipimpin oleh Vasco da Gama dimulai pada Juli 1497 dari pelabuhan Lisbon. Tujuan dari bangsa portugis ini yang melakukan ekspedisi pelayaran dengan kapal-kapal yang mereka miliki (pasukan Portugis) adalah mencari sumber rempah-rempah (nusantara) melalui jalur yang pernah dilalui Bartholomeus Diaz. Nama belakangnya adalah seorang penjelajah Portugis yang berhasil mencapai ujung selatan benua Afrika dan singgah di Tanjung Harapan. Maka, rombongan kapal yang dipimpin Vasco da Gama memulai penjelajahannya dengan menuju kawasan yang kini menjadi wilayah Afrika Selatan. Di Tanjung Harapan, Vasco da Gama menyewa pelaut Moor, yang telah berlayar ke Timur Jauh Asia, pada tahun 1498, pasukan Vasco da Gama akhirnya berhasil mencapai Kaliikut dan Goa, yang merupakan bagian dari 'India.

Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia Tempat/Daerah Tujuan

Namun, setelah hidup beberapa tahun, ia menyadari bahwa tempat ini bukanlah penghasil rempah-rempah yang sesungguhnya. Oleh karena itu, Portugis mengirimkan ekspedisi baru di bawah pimpinan Alfonso de Albequerque ke wilayah Malaka. Dimana inilah cikal bakal sejarah kedatangan bangsa portugis di Indonesia, dimana Armada Portugis berangkat ke Malaka dengan menggunakan kapal bersenjata. . dengan peralatan militer lengkap seperti senapan dan meriam Pada tahun 1511 armada Portugis berhasil menguasai Malaka dan mulai memasuki Nusantara yang mereka sebut tanah India (India).

Tujuan Portugis Datang ke Indonesia

Portugis segera mengetahui bahwa Nusantara adalah negeri rempah-rempah, inilah yang menjadi tujuan utama mereka datang ke Indonesia terutama ke wilayah Maluku. grosir rempah-rempah. Portugis segera menyerbu Malaka dan menaklukkan wilayah yang memungkinkan mereka untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah. Pihak-pihak yang menentang mereka, termasuk Kesultanan Jawa Demak, yang pada waktu itu mengirim armada angkatan laut ke Malaka pada tahun 1512 untuk mencegahnya dengan memerangi pasukan Portugis. Serangan Pati Unus gagal menekan Portugis.

Tujuan Kedatangan Bangsa Portugis ke Indonesia

Secara teknologi, Portugis selalu berhasil menekan segala perlawanan yang dibawa oleh kerajaan-kerajaan Nusantara. Tujuan kedatangan bangsa Portugis yang begitu kompleks inilah yang membuat Portugis semakin kuat dan berusaha untuk terus memperluas wilayahnya hingga ke wilayah yang sekarang menjadi Indonesia. mampu menguasai wilayah Malaka, pasukan Portugis mulai mengirimkan ekspedisi baru di bawah pimpinan d'Abreu dan kemudian mengunjungi wilayah Indonesia bagian timur yang pada saat itu kaya akan rempah-rempah, pasukan akhirnya sampai di Moluku dan cukup diterima dengan baik oleh pemimpin yang saat itu adalah Sultan Ternate. Pada saat itu, Kesultanan Ternate bermusuhan dengan Tidore.

LihatTutupKomentar